Senin, 03 Juli 2017

ASAL USUL MATUA

ASAL USUL PENDUDUK

Penduduk nagari Matua terdiri dari tiga suku yaitu Tanjung, Caniago dan Sukumbang, dari beberapa yang dapat dikumpulkan asal usul penduduk nagari ini ada yang turun lansung dari Padang Laweh sungai Tarab, di bahagian lain datang dari Pariangan lalu malereang ke gunung Merapi, menetap sementara di Lasi, dan yang lainnya menetap di Padang Kunik, dan kehadiran meraka tidak sekali datang karena arah yang dilalui dapat dibedakan menjadi dua jurusan arah pertama dari Batu Babuai lalu memudikkan batang aia sampai di Sumpu aia Taganang yang kedua dari Batu Sikulambai lewat arah nagari Panta sekarang dan rombongan ini tersesat sampai di Batang Kasiak, kemudian berputar kearah kampuang tingga entah berapa lama kemudian rombongan ini bertemu dan tidak ditemukan keterangan yang jelas.

Batu Baselo
Satu tempat yang cukup dikenal oleh rakyat Matua disana dimasa yang lalu konon cerita yang beredar ditempat inilah nenek moyang mereka bermufakat untuk menentukan :
  1. Tempat pemukiman dan lahan pertanian maka ditunjukanlah Iko Tanah, kemudian kalimat ini oleh sebagian orang di pelesetkan menjadi Ikua Tanah.
  2. Sesuai dengan alam pemikiran orang Minangkabau yaitu alam takambang jadi guru dimana kondisi tanah sebelum matahari terbit tempat mereka bercocok tanam adalah dataran rendah yang sebagian darinya menjadi aliran air yang kemudian mereka sebut ilia dan di arah matahari terbenam adalah dataran tinggi sebagai sumber datangnya aia mereka katakan mudiak aia.
Hasil mufakat di batu baselo tersebut ditentukan siapa yang akan mengatur kelompok yang menetap di hilia dan siapa pula yang akan mengatur rombongan yang akan berpindah ke mudiak aia dari kalimat mengatur itulah lahir tersebut Matua Hilia dan Matua Mudiak dan sebahagian yang pindah ke mudiak aia membuat parit yang panjang itulah asalnya nagari Parit Panjang.
Menurut Sejarah Matua ada dua versi :

Ø  Versi I :
Satu tempat yang cukup dikenal oleh rakyat Matua yaitu batu baselo, disana dimasa yang lalu konon cerita yang beredar ditempat inilah nenek moyang mereka bermufakat untuk menentukan lokasi tempat berdomisili . Hasil mufakat tersebut ditentukan siapa yang akan mengatur kelompok yang menetap di Hilia dan siapa pula yang akan mengatur rombongan yang akan berpindah ke Mudiak . Dari kalimat mengatur itulah lahir kata  Matua , Matua Mudiak adalah yang mengatur sebelah Mudiak  dan Matua Hilia adalah yang mengatur sebelah Hilia,  dan sebahagian yang pindah ke Mudiak Sawah membuat parit yang panjang itulah asalnya nagari Parit Panjang.

Ø  Versi II
Konon diceritakan bahwa nenek moyang orang Matua selain dari kehidupanya bercocok tanam juga beburu. Diceritakan bahwa dari hasil berburu rusa tiga orang nenek moyang membagi rusa menjadi tiga bagian  yaitu sa atua untuk yang sebelah Mudiak , sa atua untuk yang sebelah hilia sedang paruik panjang ( usus , hati dll ) untuk yang di mudiak sawah. Dari kata atua itulah asal dari Matua yaitu sa atua HIlia, sa atua Mudiak dan paruik panjang.

Dalam alua persembahan adat sejarah ini diungkapkan:
Nan Tuah Kato Sapakat ,Nan Bana kato Baio, sapakat niniak dengan mamak , saiyo Alim jo Ulama ,saayun salangkah jo Nan Mudo, manyusun batu bakeh tagak, malukih janjang bakeh naiak, mambangun koto jo nagari, itulah Matua tigo jurai.
nagari tinggi karatan gunuang, sapihan singgalang jo marapi, lurah dalam timbunan aia,bukik guntung palutan kabuik,aia dareh ikan nyo jinak,pasia aluih udang nyo lia, sauang nyo jauah di nan dalam, usah di umpan dnan dangka, ambiaklah papeh rangsitingkai, banamo sisari bungkuak, mambao harato tumbangan nyao, dek lincah pantau mangulinding,umpan abih papung kok tanang,usahlah ragu manyalami.
Sifat tabiat rang dahulu, tingkah kurenah dinan tuo, di hilia tahan kan tangguak, di mudiak tahankan lukah, serakkan jalo dari hulu, pai samusim tak maragu, ilang bataun tak manyusah, lupo sabanta nan maragu, ragu di hati nan batanyo, ragu dimato nak maliek, di liek salinteh lalu, ditengok salayang pandang,
Matua Hilia :
Matua Hilia bamimba lamo, baukia alang babega,katik banamo indo rajo, pandai malafat jo maana,jarang basuo katandiang nyo.Taratak batu baselo,badusun ka laman gadang, bakoto kasurau lua, tapatan lareh sirah mato,nan bapegang arek baganggam taguah, kalau indak putuih mamancuang aka, basusun di katiak nyo, kalau putuih mamancuang aka layua sampai ka pucuak nyo.
Matua Mudiak :
Matua Mudiak baimam tungga, imam marajo bagindo ali,urang nan cadiak tangah koto, urang nan tuo di nagari pandai mangabek babuhua sentak jarang lah urang nan maungkai tibo nan punyo rarak sajo.
Tasabuik guguak nan tigo,di ilia guguak cumaniang,di ateh guguak malenggang,di bawah guguak pasibuah, bakoto kakoto barangai, mudiakan aia kahulunyo, Kayu pontong Banda Badarun, Bulakan batu Badaruik, Galanggang koto Badamping,Kabek Arek Karang Badagok , Tanek nan indak lalu aia, rapek nan indak lalu angin,jo mufakat malalukannyo
Parit Panjang :
Kabaruah ka Parit Panjang,balerong budi ganto suaro adaik jo limbago, bukan limbago maso kini tuangan dari Pagaruyung satitiak tak namuah hilang sabarih bapantang lupo, kampuang tangah jo Mudiak sawah, bukik Apik arang Hariamau indak kapai ka pulang disinggahinyo ,nan bapeggang arek babua mati Kabek Arek Karang Badagok bakato mangko baiyo, bajalan mangko bamulah , bana disabuik mangko ka dapek , takok diawai mangko jadi, sampai kini ba pakai juo  .
            Katigo nagari tersebut dibuekan kapado satu ungkapan nan indak lakang dek paneh, nan indak lapuak dek hujan yaitu “ Bamimba ka Matua Hilia Baimam ka Matua Mudiak, baradat ka Parit Panjang,

0 komentar:

Posting Komentar