Pambilangan
Adaik Minangkabau nan mambukak paluang untuak Seseorang untuak ikuik ba status
sabagai Masyarakat Adaik Minangkabau dalam sabuah nagari,
nan barasal dari sabuah nagari
lain maupun dilua Minangkabau.
Hal itu disebabkan memang
begitulah sistem budaya matrilineal. Kalau diperhatikan dan amati banyak dari
anak-anak yang berdarah Minangkabau ini, seperti ibunya dari suku Betawi dan
suku Sunda, bangga berdarah orang Minangkabau dan mengatakan diri mereka
sebagai orang Minangkabau. Ini berarti, sesungguhnya mereka mendambakan dapat
diterima dalam persukuan Minangkabau.
Di samping itu, banyak
perempuan non-Minangkabau yang mempunyai ikatan kekerabatan dengan orang
Minangkabau (bersuamikan pria Minangkabau), menetap di ranah Minangkabau,
berbahasa, beradat-istiadat bahkan beranak-pinak di Minangkabau, secara sistem
budaya mereka tetap tidak dapat disebut sebagai orang minangkabau. Mengapa
demikian? Hal ini disebabkan sistem persukuan di Minangkabau berdasarkan garis
keturunan ibu, maka dari itu setiap anak yang dilahirkan oleh perempuan
Minangkabau pasti sukunya sama dengan ibunya.
Di sinilah yang menjadi
persoalan, bagaimanakah dengan anak-anak yang ibunya bukan orang Minangkabau?
apakah mereka tetap tidak memiliki suku? Namun adat budaya minangkabau tidaklah
sekaku itu, juga bukan merupakan budaya yang tertutup atau menutup diri. Sebenarnya,
anak yang dikatakan tidak
bersuku tersebut dapat dicarikan sukunya dengan menjalani persyaratan adat yang
disebut dengan Malakok.
Ini yang disebut dengan hinggok
mancakam tabang basitumpu, dima rantiang dipatah di sinan aia di sauak, di ma
bumi dipijak di sinan langik dijunjuang, cupak diisi limbago dituang, adat yang
datang dan adat yang menanti
Mereka diterima dan
ditampung dalam struktur persukuan Minangkabau (menjadi kemenakan di
Minangkabau) Dengan pengertian kalau seseorang ingin menjadi orang Minangkabau
haruslah terlebih dahulu memenuhi aturan-aturan dan syarat-syarat yang telah
ditentukan dalam adat.
Syarat merupakan suatu
tuntutan atau permintaan yang harus dipenuhi. Dengan kata lain, apabila
tuntutan telah dipenuhi maka permintaan pun telah dikabulkan. Begitu pula,
dengan permintaan suku bagi anak tidak bersuku. Suku akan didapatkan apabila
tuntutan adat telah dipenuhi sesuai dengan pepatah adat “cupak diisi limbago dituang”
artinya ada aturan tersendiri untuk memenuhi suatu kewajiban pada keadaan yang
berbeda-beda.
Proses Adat Malakok Adalah
sebagai berikut :
1. Mangadokan Pendekatan Awal, dengan mangatokan Keinginan yang basangkutan ka
salah surang Tunganai adat (staf) Panghulu di sabuah suku nan dituju.
2. Oleh Tungganai tersbut di sampaikan
ka Tungganai tungganai pasukuannyo lalu di mufakatkan sasudah tu di ajukan ka
Datuak/Panghulu Kaum nan basangkutan dan disetujui , sudah tu di adokan karajo
adat Mangaku Mamak di Rumah Gadang/ Rumah Pusako Pasukuan Tersebut.
Setelah syarat-syarat di
atas dipenuhi, acara selanjutnya ialah permintaan persetujuan dari pihak suku
yang akan menerima. Persetujuan tersebut dimulai dari :
1.
Pihak
keluarga yang akan menerima,
2.
Sanak
saudara sekeliling,
3.
Semua
kaum/kerabat yang sapasukuan dengan suku yang akan menerima,
4.
Jika
tiga persetujuan di atas telah didapatkan, langkah selanjutnya ialah
memberitahukan penghulu yang ada di setiap persukuan di daerah itu. Setalah
persetujuan dan pemberitahuan kepada semua penghulu selesai.
Pelaksanaan Adat Mangaku Mamak
1. Dilaksanakan di Rumah Gadang/Rumah pasukuan Suku tersebut.
2. Panghulu akan manarima kamanakan
3. Di hadiri Tunganai dari suku yang basangkutan
4. Di hadiri Datuak datuak/Panghulu nan
tagak sapamatang duduak sahamparan jo panghulu yang (Ninik mamak
nan batungku)
5. Orang yang mangaku mamak mangadakan jamuan makan kapada hadirin tersebut
6. Manatiang jamba “Nasi Kunyik Ayam Singgang” dan mandabiah tarnak (mandarah). Ternak yang kana disembelih sarandahnyo Ayam dan satingginya Sapi, Gadang Api gadang kayunyo, Nak tuah batabua Urai, tampek nan dalam
buliah baranang, tampek nan dangka buliah basijingkek
7. Kapada Niniak mamak yang hadir di beri “Uang Adat” yaitu sejumlah uang tidak ditentukan jumlahnya : Kok Pitih Babilang, Kok Ameh Batayia, Kok Kain Baeto dalam hal iko bukan Jumlah nan utamo
tapi Ikhlas .
Setelah persyaratan di atas
dipenuhi, langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah yang bersangktan akan
dimbaukan dai pasa nan rami dan dilabuah nan golong. Biasanya diimbaukan di
masjid pada hari Jum’at.
Mereka nantinya akan
disebut dengan kemenakan
bertali emas atau kemanakan
bertali budi. Apabila mereka berkembang, dan ingin mendirikan suku,
maka mereka pun mengikuti tata cara dan persyaratan untuk pendirian suku. Suku
mereka disebut suku belahan dari suku induk tempat mereka hinggok mancakam tabang basitumpu.
Kepado nan
basangkutan di wajibkan manjalankan kewajiban, kewajiban sebagai anak kamanakan, yang basangkutan harus marasokan dan mangamalkan pandangan
dan basikap hidup bahwa nan basangkutan itu betul
melaksanakan Sahino Samalu, Salarang, Sapantangan jo Anggota Suku tampek inyo malakok.
Sebab – Sebab Malakok / Hinggok
2. Karena Keluarga (suami istri) nan basangkutan maatap di nagari yang basangkutan untuak mancari
Makan/Rasaki
3. Karena
Perempuan yang basangkutan indak urang basuku.
Matrilinial dan menikah dengan laki laki di nagari yang basangkutan nan basuku
Matrialinial.
4. Memperluas kekerabatan dan Membakukan Sistem
Kekerabatan Minangkabau
5. Apabila seseorang itu urang Minangkabau maka dia mangaku mamak, kapada suku yang sama dengan suku yang di tinggakan di kampuang asalnya.
6. Apabila seseorang itu urang Luar Minangkabau, maka dia akan mangaku mamak kepada suku nan di Piliahnya sendiri dan indak
Suku bakal Suami/Istri.
Paralunya / Mamfaatnya Mangaku Mamak :
1. Semua pihak panduduk nagari tidak marasa bahwa si pandatang itu urang asing dan Sipandatang
itu tidak marasa Asing di dalam nagari
2. Laki laki yang Mangaku Mamak, tidak akan banyak pangaruah terhadap
suku Tapatan
3. Jika yang mangaku mamak tersebut seorang perempuan, mamang lambek laun akan ada pangaruah ka Suku
tepatan karena Garih katurunan Urang Minang
manuruik jalur garih Ibu (Matrialinial)
4. Warih di Minangkabau garih besarnyo
adolah duo Jenis :
a. Warih Nasab ialah garih nan batali darah lansuang, mauruik garih Ibu,
sakurang kurangnyo 7 katurunan kateh 7 katurunan ka bawah.
Warih Sebab ialah warh nan di sababkan oleh sesuatu
sarupo sabab budi, sabab ameh dan sabagainyo.
0 komentar:
Posting Komentar